Kamis, 27 Juni 2013

MAKALAH : GLOBALISASI DALAM DUNIA " PERPUSTAKAAN"

GLOBALISASI DALAM DUNIA "PERPUSTAKAAN"
Oleh : Sherina
NIM : 13040112130204. 2013 – Kelas C – Semester 2
Program Studi Ilmu Perpustakaan – Jurusan Ilmu Perpustakaan
Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro

Abstrak
Perpustakaan merupakan suatu lembaga pendidikan karena menyediakan informasi di bidang ilmu pengetahuan melalui koleksi yang ada di dalamnya, baik itu berupa buku, kaset maupun koleksi lainnya. Keberadaan perpustakaan di era globalisasi ini cukup menghawatirkan karena makin banyaknya cara instant untuk memperoleh infromasi. Hal ini secara tidak langsung membuat perpustakaan semakin tersingkir, apalagi jika perpustakaan tersebut tidak memiliki fasilitas yang memadai serta tidak mampu memberikan pelayanan yang maksimal.
Kata Kunci : perpustakaan, globalisasi, informasi
A.    PENDAHULUAN
Saat ini kita telah memasuki era globalisasi dimana segala sesuatu dapat diperoleh dan diakses dari penjuru dunia manapun. Hal ini juga ditandai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang sangat pesat. Globalisasi membawa pengaruh di berbagai bidang kehidupan,terutama di bidang pendidikan.
      Perpustakaan sebagai salah satu lembaga yang berperan dalam dunia pendidikan, tentu saja mendapat pengaruh dari era globaliasasi. Pengaruh globalisasi terutama terletak pada teknologi dan sistem pelayanan yang ada diperpustakan. Selain itu,globalisasi memiliki dampak bagi kelangsungan perpustakaan, baik dampak negatif maupun dampak positif.
      Untuk itu, perlu dilakukan upaya-upaya agar keberadaan perpustakaan di era globalisasi ini tidak semakin tersingkir dan terpojokkan, apalagi dengan sifat masyarakat sekarang yang ingin serba instant dan murah, tidak memungkiri akan melenyapka keberadaan perpustakaan itu sendiri, padahal jika tidak ada perpustakaan, maka untuk memperoleh sumber informasi yang real akan sangat sulit.
B.     PEMBAHASAN
Globalisasi membawa dampak sangat besar bagi kehidupan manusia terutama di bidang Ilmu Pengetahuan dan Perkembangan Teknologi. Salah satu lembaga yang terkena dampak dari globalisasi ini adalah perpustakaan karena perpustakaan berkaitan langusung dengan Ilmu Pengetahuan.
1.      Pengertian Globalisasi
            Globalisasi adalah suatu keadaan dimana terjadi hubungan yang saling berkaitan antar negara diseluruh dunia secara bebas diberbagai bidang kehidupan yang ditandai dengan adanya kemajuan dan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.  Globalisasi ini membawa perubahan besar bagi kehidupan manusia, baik terhadap pola hidup manusia maupun pola pikir manusia.
            Dalam pola hidup, globalisasi memunculkan gaya hidup manusia yang berbeda dari era sebelumnya. Manusia saat ini dimanjakan dengan berbagai teknologi yang canggih yang memudahkan mereka untuk melakukan berbagai kegiatan terutama dalam hal mencari informasi.
            Dalam pola pikir, globalisasi menuntut manusia untuk lebih kreatif dan inovatif. Jika seseorang ingin maju dan tidak ingin ketinggalan jaman, maka orang tersebut harus bekerja keras dan berpikir bagaimana menciptakan sesuatu yang nantinya berguna buat dirinya secara material maupun secara emosional.
            Di sisi lain, globalisasi juga membawa pengaruh besar di bidang ekonomi, sosial, poltik, pertahanan dan keamanan, serta pendidikan.
            Di bidang ekonomi, globalisasi menimbulkan adanya persaingan ketat dalam dunia bisnis, dimana badan atau perusahaan yang kreati dan inovatiflah yang dapat bertahan menguasai pasar global, sedangkan perusahaan yang tidak kreatif maka akan tersungkir.
            Di bidang sosial, globalisasi memunculkan paham westernalisasi, yaitu suatu paham yang mengagung-agungkan kebudayaan barat. Globalisasi juga memunculkan sikap individualisme yang dapat menibulkan perpecahan sosial.
            Di bidang pertahanan dan keamanan, globalisasi membawa pengaruh terhadap mekanisme pertahanan dan penggunaan peralatan yang lebih canggih dan modern.
            Di bidang pendidikan, globalisasi mengubah sistem pola pendidikan. Pendidikan saat ini telah mulai menggunakan peralatan yang canggih serta menuntuk pendidik untuk menguasai bidangnya.
2.      Pengaruh Globalisasi terhadap Perpustakaan
            Perpustakaan merupakan salah satu lembaga pendidikan karena perpustakaan menyediakan informasi dari berbagai sumber ilmu pengetahuan, baik dalam bentuk koleksi buku, kaset maupun koleksi dalam bentuk lainnya. Perpustakaan juga menyimpan data-data penting guna mendukung proses pembelajaran.

            Sebagai salah satu lembaga pendidikan, perpustakaan juga mendapat pengaruh dari era globalisasi.
Globalisasi berpengaruh terhadap sistem pengolahan data yang ada di perpustakaan dan sistem pelayanan diperpustakaan.
            Saat ini data yang ada diperpustakaan tidak hanya dapat diakses dengan cara mengunjungi perpustakaan, namun dapat diakses dimanapun dan tidak ada batasan waktu karena adanya teknologi canggih yang digunakan untuk mempermudah manusia dalam memperoleh informasi maupun data yang mereka butuhkan.
3.      Dampak Globalisasi Terhadap Perpustakaan
            Selain membawa pengaruh terhadap perpustakaan, globalisasi juga memberi dampak bagi perpustakaan, baik dampak positif maupun dampak negatif.
Dampak positif dari globalisasi terhadap perpustakaan :
·         Mempercepat proses pengolahan data karena adanya perkembangan teknologi
Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, maka proses pengolahan data akan lebih mudah, sehingga data-data yang diperlukan oleh pengunjung perpustakaan dapat diperoleh tanpa harus menunggu lama.
·         Mempermudah masyarakat untuk memperoleh inforamasi maupun data yang dibutuhkan
Masyarakat dapat memperoleh informasi dengan mudah,misalnya dengan mengakses informasi yang ada melalui layanan di internet.
·         Meningkatkan kemampuan masyarakat agar tidak gagap teknologi
Selain memperoleh informasi maupun data yang ada, masyarakat juga dapat belajar menggunakan teknologi yang ada, misalnya dalam mencari buku melalui katalog di komputer.
·         Menjalin kerjasama antar perpustakaan,baik tingkat daerah, nasional, regional maupun tingkat internasional
Dengan adanya perkembangan teknologi dalam era globalisasi,maka perpustakan dapat membentuk suatu jaringan perpustakaan yang dapat menghubungkan perpustakaan di berbagai daerah,negara bahkan di seluruh dunia.
Dampak negatif dari globalisasi terhadap perpustakaan :
·         Menurunnya jumlah pengunjung perpustakaan
Kemudahan dalam mengakses informasi melalui jejaringan sosial, membuat pengunjung perpustakaan.Hal ini dikarenakan adanya kemudahan dalam mengakses informai,sehingga orang malas mengunjungi perpustakaan.
·         Menyingkirkan perpustakaan konvensional
Perpustakaan konvensional akan sulit bersaing dengan perpustakaan modern karena perpustakaan modern memiliki fasilitas yang sangat menunjang. Hal ini dapat menyingkirkan perpustakaan konvensional dengan fasilitas yang minim.
·         Terdapat informasi yang tidak valid(kebenarannya masih harus diuji)
Informasi yang beredar di internet seringkali tidak didasarkan fakta dan informasi tersebut tidak dapat dipertanggung jawabkan. Oleh karena itu, pembaca harus lebih teliti dalam menerima informasi
·         Perpustakaan hanya dijadikan obyek komoditas dan komersil
Perpustakan yang mulanya bertujuan untuk membantu dalam pendidikan, diera globalisasi saat ini beralih fungsi menjadi obyek komoditas dan komersil oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
4.      Tantangan yang harus dihadapi perpustakaan di era globalisasi
            Dalam era globalisasi,terdapat berbagai tantangan yang harus dihadapi perpustakaan, yaitu:
·         Cepatnya perkembangan teknologi
Di era globalisasi perkembangan teknologi sangat pesat. Hal ini dikarenakan makin makin bertambahnya pengetahuan manusia dan kemahiran manusia dalam membuat suatu desain teknologi maupun sebuah aplikasi.
·         Kurangnya infrastruktur yang ada
Infrastruktur yang sangat terbatas merupakan salah satu tantangan yang dihadapi oleh perpustakaan.
·         Makin banyaknya informasi yang tidak valid
Makin banyaknya informasi yang tidak valid dalam dunia maya menjadi salah satu tantangan bagi perpustakaan. Perpustakaan harus senantiasa memberikan informasi yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan.
·         Makin banyaknya situs-situs yang tidak profesional dan tidak bertanggung jawab dalam menyebarkan informasi
Makin banyaknya situs-situs yang tidak profesional dan bertanggung jawab membuat masyarakat semakin sulit untuk memperoleh informasi atau data yang valid dan perpustakaan sebagai salah satu lembaga yang menyediakan jasa pelayanan informasi diharapkan dapat mengatasi hal ini.
·         Meningkatnya plagiat atas suatu karya
Plagiat merupakan sebuah masalah yang harus dihadapi perpustakaan.Perpustakaan harus senantiasa menjaga informasi dan karya- karya yang ada diperpustakaan dari plagiat.
·         Minimnya Sumber Daya manusia sebagai fasilitator
Sumber daya manusia merupakan unsur yang penting dalam sistem pengelolaan layanan yang ada diperpustakaan. Minimnya Sumber daya manusia sebagai fasilitator dalam perpustakaan merupakan salah satu tantangan yang hrus dihadapi oleh perpustakaan.

5.      Langkah-langkah untuk Menghadapi Globalisasi
            Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menghadapi tantangan di era globalisasi.yaitu :
·         Mengikuti dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada
Perpustakaan diharapkan mampu mengikuti perkembangan teknologi yang ada sehingga perpustakaan makin diminati oleh masyarakat dan masyarakat tidak kesulitan dalam mencari informasi maupun data yang mereka butuhkan. Misalnya melalui pendirian perpustakaan hybrid.
·         Menyediakan infratruktur untuk mendukung perpustakaan
Infrastruktur merupakan suatu unsur terpenting dalam perpustakaan. Dengan melengkapi infrastruktur yang ada, diharapkan akan meningkatkan daya tarik bagi masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan.
·         Memperketat masuknya informasi
Perpustakaan harus memperketat informasi yang masuk agar tidak terdapat informasi yang menyesatkan ataupun yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.
·         Memberikan fasilitas berupa situs resmi kepada masyarakat
Perpustakaan diharapkan menyediakan situs resmi untuk mempermudah masyarakat mencari informasi maupun data yang mereka butuhkan dan memnimalkan terhadap data-data yang tidak valid.
·         Menindak lanjuti kasus pagiat atau membuat aturan tentang hak cipta dan hak paten
Perpustakaan diharapkan menindak lanjuti kasus plagiat untuk melindungi krya-karya yang ada diperpustakaan.
·         Meningkatkan Sumber Daya manusia sebagai pustakawan/ sebagai fasilitator.
Perpustakaan senantiasa memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat, salah satunya dengan adanya pustakawan sebagai fasilitator yang memiliki ilmu, keahlian dan ketrampilan dibidangnya.







C.     PENUTUP
1.    KESIMPULAN
            Tidak dapat dipungkiri bahwa globalisasi membawa pengaruh besar bagi kehidupan manusia, terutama mengenai informasi dalam bidang pendidikan. Globalisai juga  mengubah sistem pendidikan serta sistem pelayanan pendidikan.
Perpustakaan sebagai salah satu bagian dari lembaga pendidikan juga mengalami pengaruh dari globaliasasi,baik dalam sistem pengolahan data maupun dalam sistem pelayanan kepada masyarakat.
2.    KRITIK dan SARAN
Kritik :
            Perpustakaan harus bisa menghadapi tantangan yang ada secara profesional dan tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Perpustakaan juga harus mampu melihat peluang yang ada untuk menarik perhatian masyarakat.
 Saran :
Perpustakaan harus dapat meningkatkan layanan serta fasilitas yang ada sehingga makin diminati oleh masyarakat pada umumnya.






DAFTAR PUSTAKA
Khoirunnisa,Lina.Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi untuk Kinerja Layanan Perpustakaan dan Mewujudkan Perpustakaan Ideal http://www.pemustaka.com/pengelolaan-perpustakaan-berbasis-teknologi-informasi-untuk-meningkatkan-kinerja-layanan-perpustakaan-dan-mewujudkan-perpustakaan-ideal.html diunduh tanggal 19 Oktober 2012 jam 14.35 WIB.
K. Prihandono,Bambang. Globalisasi,Perpustakaan dan strategi kebudayaan.new library.
http://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi Pengertian Globalisasi diunduh pada  tanggal 21 Oktober 2012 pada jam 15.56 WIB.
Supriyanto,Wahyu.2008.Strategi Perencanaan Perpustakaan Digital.Yogyakarta : Kanisius

Basuki,Sulistyo.1991.Pengantar Ilmu Pepustakaan.Jakarta:Gramedia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar