Selasa, 23 Juli 2013

15 Perpustakaan Unik di Dunia

berikut ini ada 15 perpustakaan unik di dunia :
  1.  Library of Congress
    terletak di kota Washington,AS. Bentuk bangunannya unik dan juga mengandung nilai sejarah yang tinggi. Nah loh,ada yang pengen jadi pustakawan di sini??
                 loc
  2. Reading Club 2000
    Perpustakaan yang satu ini terbilang cukup unik karena terlihat seperti toko buku di emperan. Sederhana, namun didalamnya terdapat kurang lebih 2500 buku dan ada layanan perpustakaan sepeda sepeda kelilingnya loh..(pasti berat tu pustakawan harus bawa buku keliling,tapi salut deh)
    Oiya,hampir aja lupa. Perpustakaan ini adanya di negara Filipina.
    makati
  3. Perpustakaan Umum McAllen
    Terletak di Texas, USA, merupakan bekas supermarket. Perpustakaan ini dilengkapi dengan galeri seni, auditorium berkapasitas 200 kursi, food court dan warung camilan. Jadi bisa baca buku sambil ngemil,asekk
    allenmc
  4. Perpustakaan Umum Stockholm
    Perpustakaan di Swedia ini memiliki rak otomatis untuk mengambil dan menyimpan buku, jadi pengunjung dapat melakukan "Self Service"  termasuk dalam peminjaman dan pengembalian buku sehingga meringankan tugas pustakawannya.
    kapan ya di Indonesia ada perpustakaan begini??
    stock
  5. Perpustakaan Umum Nassau
    Tau gx sih kalo perpustakaan ini dulunya adalah penjara. Pasti kesannnya serem,tapi saat ini udah di dekorasi ulang, jadinya lebih menarik loh..
    nassau
  6. Perpustakaan Umum Boston
    Wow,perpustakaan ini memiliki koleksi sebanyak 24 juta buku. Kebayang gx sih banyaknya buku diperpustakaan ini. Kalo misal dalam 1 hari orang bisa baca maximal 3 buku,buat baca semua koleksi di sini butuh waktu : 24.000.000 : 3 = 8.000.000 hari = 266.667 bulan = 21.917 tahun.
    Hadeh,sampe pusing liat angkanya.
    boston
  7. Peroustakaan Royal Grammar School
    Keunikan dari perpustakaan yang terletak di Inggris ini adalah buku dirantai dirak. Nah loh,sekarang bukan jamannya hewan dan manusia aja yang dirantai,tapi buku juga. Kasian amat ya..
    tenang aja,tujuan buku dirantai bukan untuk menyakiti si buku, tapi untuk mencegah pencurian karena buku-buku di sini kebanyakan mengandung nilai sejarah.
    royal
  8. Ehon
    Perpustakaan yang terletak di Iwake, Jepang ini lebih dikenal dengan Picture Books Library karena banyaknya koleksi buku gambarnya. Perpustakaan ini didominasi oleh warna coklat sehingga kesan tradisional elegan sangat melekat. So beautiful..
    Ehon
  9. Saint Catherine
    Berdiri sejak 564 masehi dengan koleksi 3000 manuskrip kuno dan 8000 buku cetak, perpustakaan ini termasuk perpustakaan terkuno di Mesir.
    st-catherines-monastery-500
  10. Trinity College
    Perpustakaan ini memiliki koleksi sebanyak 200.000 yang diletakkan pada rak yang berada di sisi-sisi lorong. Jadi saat berada disana, kita akan terkesan memasuki sebuah lorong yang cukup luas dan sisi-sisinya kita bisa menikmati koleksi yang ada. perpustakaan ini terletak di kota Dublin, Irlandia.
    trinity_college_library
  11. Bibliotheque Nationale
    Keunikan dari perpustakaan yang satu ini adalah terdiri dari 4 menara yang berbentuk seperti buku terbuka. letaknya di kota Paris, Perancis.
    Bibliothque nationale de France, Paris, France
  12. Centrale Bibliotheek
    Perpustakaan yang terletak di Amsterdam, Belanda ini merupakan perpustakaan yang ramah lingkungan karena sistem penerangan dan pengaturan suhu ruangan menggunakan energi cahaya sinar matahari. Yang unik dari perpustakaan ini adalah bentuk rak koleksinya dimana diatasnya terdapat seperti kincir angin.
    cbibli belanda
  13. Perpustakaan Umum Taipe
    Perpustakaan ini memiliki konsep ramah lingkungan. Bangunannya terbuat dari kayu. Perpustakaan ini dikelilingi oleh pepohonan sehingga sangat sejuk. Pokoke Mantapp
    taipei-public-library-L-Vi1hdv
  14. Alexandria
    Memiliki koleksi sebanyak 700.000 manuskrip. Terletak di Mesir. Bentuk ruang koleksi yang unik menambah daya tarik bagi pemustaka.
    06.Open Shelves
  15. Perpustakaan Stuttgart
    Terletak di Jerman dengan bentuk rubik, bernuansa putih yang mempesona. So Fantastic..
    Stuttgart-library-by-Eun-Young-Yi-4

    sumber : http://perpustakaan.bapeten.go.id/15-perpustakaan-unik-di-dunia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar